Few Imams…Many Mosques Are Closed In Brazil

Posted by ^DiLoG^ on Sunday, June 14, 2009

  Berlangganan  Follow My Twitter  Add to Technorati Favorites

Sungguh Ironis nasib para kaum muslim yang tinggal di Negara Brazil, 2/3 masjid yang ada di negara tersebut ditutup karena tidak memiliki imam dan sedikitnya jamaah yang datang ke sana untuk beribadah. Bahkan tidak semua masjid melaksanakan Sholat lima waktu berjamaah.

 

Satellite

One of The Beautiful Mosque in Sao Paolo

 

Walaupun agama Islam merupakan agama minoritas, di sana terdapat 120 masjid tetapi hanya ada sekitar 40 orang imam. Hanya ada beberapa imam yang mendapatkan gelar Shari’ah dari universitas, sedangkan yang lain hanya imam berdasarkan pelatihan. Hal ini disebabkan kurangnya kepedulian generasi muda untuk mengenal Islam dan juga kurangnya perhatian para komunitas muslim disana untuk menjaga kelangsungan masjid.

 

Kota Sao Paulo merupakan kota dengan jumlah masjid terbanyak, ada sekitar 10 bangunan masjid dengan desain megah dan unik termasuk masjid yang dibangun pertama kali di Amerika Selatan pada tahun 1929. Berdasarkan sensus yang dilakukan pada tahun 2001, di Brazil terdapat 27,239 penduduk muslim. Akan tetapi Federasi Islamic Brazil mengatakan sekarang ada sekitar 1,5 juta penduduk muslim. Kebanyakan kaum muslim ini berasal dari Syria, Palestina, Lebanon yang berimigrasi dan menetap di Brazil pada sekitar abad 19 selama perang dunia pertama dan pada akhir 1970-an. Kemudian disusul oleh para imigran dari Iraq setelah terjadi invasi amerika pada tahun 2003. Para penduduk muslim kebanyakan tinggal di negara bagian Parana, Goias, Riod de Janiero dan Sao Paulo, tetapi ada juga yang tinggal di Mato Grosso do Sul dan Rio Grande do Sul.

 

Mari kita berharap bahwa kejadian ini tidak akan berlangsung di negara lain, terutama negara Muslim seperti Indonesia.

 

English :

 

How ironic the lives of Muslims people who live in Brazil, Two Thirds of mosques are closed because of the rarity of imams and preachers. Many mosques do not even hold all five prayers of the day.

 

Even Brazil is not one of the countries with many Muslims populations, they are 120 mosques but only have 40 Imams. Only few of those imams have finished their university degree in Shari`ah, while the rest are only imams by practice. This happen because many younger generations know nothing about Islam and there is no effort by Muslim community to support the mosque institution and its message.

 

In the city of Sao Paulo there are around ten mosques, including the Mosque Brazil, the first built in Latin America whose construction began in 1929. According to the 2001 census, there are 27,239 Muslims in Brazil. However, the Islamic Brazilian Federation puts the number at around one and a half million. The majority of Muslims are descendants of Syrian, Palestinians and Lebanese immigrants who settled in Brazil in the nineteenth century during the World War I and in the 1970s. Many Iraqis have arrived in the country after the 2003 US-led invasion. Most Muslims live in the states of Parana, Goias, Rio de Janiero and Sao Paulo, but there are also significant communities in Mato Grosso do Sul and Rio Grande do Sul.

 

Let us hope this wouldn’t happen to other Muslim countries like Indonesia.

 

 Add to Google Reader or HomepageAdd to My AOLSubscribe in Bloglines

 

{ 5 comments... read them below or add one }

Irfan Nugroho said...

Yah... Sangat disayangkan... Kondisi umat yang seperti itu. Semoga kondisi ini segera membaik... Good post, my friend! Good job!

Anonymous said...

ya wajarlah wong brazil tuh negara mayoritas katolik,, dan yang minoritas islam disana sudah melihat kebenaran di katolik jadi males ke mesjid.. :D

karim said...

tnda2 kiamt inilah,,, islam mayoritas di suatu negra saja.. terfitnah,, palagi minoritas... islam mana ruhmu??

HAPIA Mesir said...

ditutup karena tanpa imam,,,,,huhuhuhuhuh,,,,gmn indonesia???semakin lama masjid semakin banyak...tapi,,,,jamaah pada kemana????

iwan setiawan said...

itu sebenarnya menjadi pemikiran umat Islam semuanya, selama ini kita disibukkan antara kita sendiri, ok sobatku salam kenal

Post a Comment