The Unique Graves in Indonesia: Part 2

Posted by ^DiLoG^ on Sunday, September 19, 2010

Jika sebelumnya telah membahas mengenai The Unique Graves in Indonesia: Part 1, dimana kita bisa melihat keunikan pemakaman suku-suku yang ada di Indonesia seperti Suku Dayak (Kalimantan Timur) dan Desa Truyan. Kali ini akan memberikan sedikit informasi mengenai makam suku Toraja. Makam suku Toraja mempunyai keunikan tersendiri, bahkan terdapat 3 cara pemakaman yang sangat berbeda.

 

1. Batu Lemo.

 

Batu Lemo

 

Ini adalah tempat pemakaman suku Toraja yang berupa suatu tebing yang telah diukir sehingga memiliki dinding-dinding dimana setiap dinding tersebut diletakkan sebuah mayat. Makam ini terletak desa (lembang) Lemo. Sekitar 12 kilometer sebelah selatan Rantepao atau enam kilometer sebelah utara Makale. Makam ini adalah tempat yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan karena keunikan yang ada disekitar areal makam.

 

2. Kuburan bayi kambira.

 

Kuburan bayi kambira

 

Ini adalah makam khusus bayi yang telah meninggal. Sangat unik karena bayi yang telah meninggal dibalsem kemudian diletakkan ke dalam lubang yang terukir pada sebuah pohon besar kemudian ditutup menggunakan anyaman ijuk. Makam ini terletak di kawasan Kambira, Tana Toraja.

 

3. Batu Karang Terjal Londa.

 

Batu Karang Terjal Londa

 

Kuburan sisi batu karang terjal adalah salah satu sisi dari kuburan itu berada di ketinggian dari bukit mempunyai gua yang dalam dimana peti-peti mayat di atur dan di kelompokkan berdasarkan garis keluarga. Disisi lain dari lusinan tau-tau berdiri secara hidmat di balkon.

 

Sumber: kaskus.us/showthread.php?t=3352604 by Silianto

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment